Keunggulan

Berdasarkan visi misi, Program Pendidikan Profesi Guru didirikan dengan tujuan untuk menyelenggarakan program pendidikan profesi yang unggul untuk menghasilkan calon guru profesional yang memiliki kompetensi utuh sesuai standar  kompetensi  guru profesional yang dijabarkan sebagai berikut:

(a)  mampu menguasai dan mengembangkan substansi metodologi dasar keilmuan bidang studi;

(b)  mampu mengembangkan perangkat pembelajaran secara kreatif, inovatif dan menyenangkan;

(c)   memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk melaksanakan penelitian guna peningkatan kualitas pembelajaran;

(d)  mampu/terampil berkomunikasi secara  lisan dan tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri;

(e)  mampu mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.

 

Program Pendidikan Profesi Guru memiliki sasaran sebagai berikut:

(a)  Lulusan PPG UNEJ memiliki kompetensi dasar sebagai yang dapat mengisi formasi di berbagai jenis sekolah di tanah air;

(b)  Lulusan PPG UNEJ dapat menggunakan ICT untuk keperluan pembelajaran sehingga dapat  mengisi formasi di sekolah-sekolah yang menaruh perhatian dengan perkembangan teknologi informasi;

(c)   50% dari lulusan PPG UNEJ dapat mengajarkan materi bidang studi dengan pengantar bahasa Inggris sehingga dapat mengisi formasi di sekolah-sekolah rintisan/bertaraf internasional.

(d)  Lulusan PPG UNEJ dapat menyusun proposal penelitian PTK

 

Strategi pencapaiannya sasaran dilakukan secara bertahap dengan Repelita:

Tahap 5 Tahun I (2025): Penguatan Internal

(a)  Memenuhi standar sumberdaya dosen PPG yang bidang keahliannya sesuai PS dan menguapayakan terbentuknya system perkuliahan yang memenuhi Standar Internal Penjaminan Mutu sesuai dengani Standar Nasional Pendidikan

(b)  Memenuhi kurikulum sesuai tuntutan lokal dan regional dengan penguatan system workshop dengan media  ICT.

(c)   Menyediakan sarana, prasarana dan sumber belajar workshop dalam penyusunan perangkat pembelajaran

(d)  Memenuhi kebutuhan peralatan dan instrumentasi laboratorium PPG dan mengoptimallkan penggunaan laboratorium sebagai penunjang kegiatan mahasiswa dan guru pamong

(e)  Optimalisasi pemanfaatan sumber belajar bilingual untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa

 

Tahap 5 Tahun II (2030): Penguatan Kerjasama, Penelitian dan Pelayanan Pendidikan 

(a)  Menjalin kerjasama dengan instansi-instansi terkait secara berkelanjutan, baik tingkat lokal, regional maupun nasional

(b)  Penguatan jaringan alumni dan kemitraan dengan lembaga di luar universitas dalam pengembangan penelitian dan pelayanan masyarakat di bidangnya

(c)   Penguatan penelitian bidang pendidikan dan publikasi bertaraf Nasional dan Insternasional

(d)  Pembentukan pusat-pusat studi dengan sekolah mitra dan masyarakat untuk pelayanan pengembangan guru professional berkelanjutan